Amir

Amir

Sabtu, 25 Mei 2024 23:58

(FLS2N)

Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMA/MA

tingkat Kabupaten Bantul Tahun 2024

SMA Negeri 1 Pleret mengkuti kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSSN) pada 24 April di SMA Negeri 1 Jetis dengan cabang lomba yang diikuti adalah Baca Puisi, Cipta Puisi, Tari Kreasi, Menyanyi Solo, Desain Poster, Kriya.

Dari festival yang dilombakan SMA Negeri 1 Pleret mendapatkan Juara 1 Cabang lomba Kriya dengan Tema “Merdeka Berprestasi, Talenta Seni Menginspirasi” atas nama Naza Ramadhan dari kelas X Fase F-5 yang kemudian dapat maju ke kompetensi tingkat Propinsi tanggal 18 Juni 2024 di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga DIY.

Tujuan dilaksanakan kegiatan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) adalah menumbuhkan cinta seni di kalangan pelajar khususnya di Bantul.

flssn_2.jpg

 

Jumat, 24 Mei 2024 13:52

OSN-K

OLIMPIADE SAINS NASIONAL (OSN) TINGKAT KABUPATEN BANTUL 2024

OSN-K 2024 jenjang SMA/MA berbasis ANBK  dilaksanakan 26 dan 27 Maret 2024, SMA Negeri 1 Pleret mengikuti 8 (delapan) Cabang Bidang Lomba  yakni FISIKA, BIOLOGI, EKONOMI, GEOGRAFI, MATEMATIKA, INFORMATIKA, ASTRONOMI, KEBUMIAN, KIMIA di Laboratorium Komputer.

Kemudian pada tanggal 7 Mei SMA Negeri 1 Pleret dapat lolos ke Propinsi mengikuti   Cabang Bidang Lomba  ASTRONOMI atas nama QISMI YULIA NINGRUM dari kelas X FASE E-1.

Tujuan umum penyelenggaraan OSN:

  1. Mendapatkan dan mengembangkan peserta didik bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, sehingga mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui ilmu pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.
  2. Mendorong pemerataan prestasi untuk memaksimalkan penemuan peserta didik bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  3. Membangun atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat.
  4. Menguatkan kelembagaan dalam rangka menuju Manajemen Talenta Nasional (MTN) yang berkesinambungan.

Tujuan Khusus penyelenggaraan OSN:

  1. Menyelenggarakan seleksi peserta didik secara berjenjang dimulai dari tingkat sekolah, tingkat kabupaten/kota, tingkat provinsi, dan tingkat nasional yang mempunyai kompetensi/kemampuan dalam cabang lomba Matematika, Fisika, Kimia, Informatika/Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian, dan Geografi.
  2. Mendapatkan calon peserta untuk mewakili Indonesia pada kompetisi sains tingkat internasional.
  3. Membangun basis data nasional peserta didik yang bertalenta dalam bidang sains

 

OSN-K.jpg

Senin, 08 April 2024 14:46

Zakat Fitrah dan Baksos

ZAKAT FITRAH dan BAKTI SOSIAL (BAKSOS)

Kegiatan zakat fitrah dan bakti sosial dilaksanakan dari siswa untuk siswa dan warga sekitar. Sekolah memfasilitasi siswa-siswi atau orangtua siswa-siswi atau juga warga sekolah untuk membayarkan dan menyalurkan zakatnya, baik berupa beras atau nominal uang zakat melalui sekolah. Zakat beras minimal 2,5 kg, sedangkan uang minimal Rp.42.500,00. Pembelian baksos diambilkan dari uang infaq siswa-siswi SMA Negeri 1 Pleret yang rutin dikumpulkan setiap hari Jum’at.

Adapun alokasi penyaluran zakat fitrah dan baksos sebanyak 128 paket/ kantong, dilaksanakan pada   Jum’at,  1 April 2024, Pukul 09.00 – 13.00 WIB di depan Loby SMA Negeri 1 Pleret secara rinci, adalah sebagai berikut :

  1. Siswa-siswi SMA Negeri 1 Pleret yang terdaftar fakir/miskin/ kurang mampu/ yatim/ piatu/yatim-piatu
  2. Cleaning servis(CS), satpam, petugas taman dan rekomendasi
  3. Warga pedukuhan sekitar SMA Negeri 1 Pleret terdiri dari Dukuh Kedaton, Karet, Kauman, Tambalan, Keputren.

Kegiatan Ramadhan yang meliputi zakat fitrah, baksos, bulan Ramadhan tahun 1445 H atau tahun 2024 ini sudah dilaksanakan dengan baik dan lancar dan tanpa halangan. Zakat Fitrah dan baksos dapat terkelola dan tersalurkan dengan baik dan tepat waktu sesuai rencana. Berkat andil semua pihak, baik tim pelaksana, OSIS, MPK dan Bapak dukuh serta Masyarakat sekitar. Alhamdulillah.

fitrah_baksos_2024.JPG

Sabtu, 23 Maret 2024 07:10

Bukber Doa Bersama

BUKA PUASA DOA BERSAMA

RAMADHAN 1445 Hijriah

Segala puji kepada Tuhan yang maha kuasa, SMA Negeri 1 Pleret telah melaksanakan berbuka dan do’a bersama untuk kesuksesan siswa-siswi SMAN Negeri 1 Pleret dalam mengukuti pembelajaran di sekolah dan bagi kelas XII diberikan kemudahan untuk mengerjakan ujian Asesmen Sumatif Akhir SMA tahun pelajaran 2023/2024.

Acara berbuka dan do’a bersama betemakan “Menggapai Ridha Allah di Bulan Penuh Berkah” yang dipandu oleh Ustadz Khoerul Anwar, M.Pd dari Dosen STAIMS Yogyakarta, diisi motivasi, ceramah, do’a, buka bersama, Sholat Maghrib berjama’ah dan dilanjutkan makan bersama di lapangan SMA Negeri 1 Pleret.

Pada kegiatan ini pula siswa yang beragama non Muslim diberikan peluang untuk memperdalam agamanya masing-masing yang didampingi oleh guru pengampu Bapak Sujodo, S.Pd. diruang yang berbeda.

Tentunya harapan dan do’a bersama pada hari Jum’at, 22 Maret 2024 dapat dimudahkan segala urusan, dan siswa-siswi SMA Negeri 1 Pleret dapat menjadi anak-anak yang Sholeh dan Sholehah. Aamiin.

Dokumentasi Kegiatan Buka Puasa dan Do'a Bersama SMAN Negeri 1 Pleret tahun 2024

Screenshot_2024-03-23_123732.jpg

 

Halaman 1 dari 7