(0 pemilihan)

Kegiatan Hahal bi Halal SMA N 1 Pleret di tahun 1440 H Pilihan

Kegiatan Hahal bi Halal SMA N 1 Pleret di tahun 1440 H

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, Halal bi Halal diartikan sebagai hal maaf-memaafkan setelah menunaikan ibadah puasa Ramadhan, biasanya diadakan di sebuah tempat oleh sekelompok orang. Dalam kesempatan bulan Syawal kali ini, Keluarga besar SMA N 1 Pleret mengelar kegiatan tersebut, yang dilangsungkan selama tiga

 hari dengan bentuk kegiatan yang berbeda.

Dalam kontek pendidikan betapa pentingnya memelihara hubungan dengan sesama bagian dari sebuah instansi pendidikan. Yang di dalamnya terdapat banyak keterkaitan dari masing-masing bagian, mulai dari peran orang tua, komite sekolah, masyarakat sekitar dan beberapa stakeholder lain yang serinng berhubungan dengan kegiatan sekolah. Sepeti yang diperintahkan Allah dan Rasul-Nya menegaskan laknat besar sebagai ganjaran bagi pemutus tali silaturrahmi. Bahkan keterkaitan yang ada  tampak begitu jelas manakala memelihara silaturrahmi ini dikaitkan dengan keimanan seorang Muslim. Seperti dalam hadits, "Siapa saja yang beriman kepada Allah dan hari akhirat, maka sambunglah tali silaturrahmi " (HR. Al-Bukhari). Kegiatan ini juga sangat banyak nilai positifnya bagi kehidupan duniawi. Rasulullah menyabdakan, "Siapa saja yang ingin diluaskan rizkinya dan dipanjangkan pengaruhnya, maka sambunglah tali persaudaraan" (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Kegiatan yang pertama dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 13 Juni 2016 atau tepatnya 9 syawal 1440 H. Kegiatan tersebut menghadirkan beberapa Bapak Ibu Guru yang telah purna mengajar, mengabdikan segala kemampuan untuk pendidikan di SMA N 1 Pleret pada masa baktinya sebagai tenaga pengajar dan pendidik. Tidak lupa juga beberapa instansi dari Muspika, perwakilan Kecamatan Pleret, Kodim, Polsek dan beberapa instansi lainnya. Kegiatan diawali dengan ramah tamah, melepaskan kerinduan dengan para senior, dilanjutkan pembukaan, bacaan Kalam Illahi, Sambutan Bapak Kepala Sekolah, Drs. Imam Nurrohmat, yang menyampaikan beberapa informasi sekaligus mewakili dari Bapak Ibu Guru Karyawan SMA N 1 Pleret mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1440 H untuk beberapa waktu yang lalu, berserta permohonan maaf. Acara dilanjutkan dengan Ikrar Syawalan yang dipandu oleh Bapak Anwar, S.Sos, diakhiri dengan Tausyiah oleh Kh. Munawir yang mengangkat tema rasa beryuskur. Kegiatan pada hari itu berakhir menjelang Sholat Dzuhur yang diawali dengan saling berjabat tangan dan menikmati hidangan pelengkap.

Di hari ke dua, kegiatan halal bi halal dilanjutkan pada hari Jumat tanggal 14 Juni 2019. Kegiatan tersebut dikhususkan antara Bapak Ibu Guru Karyawan dengan seluruh siswa kelas X dan XI. Kegiatan dikonsentrasikan di lapangan utama SMA N ! Peret. Kegiatan diawali dengan pembukaan, dilanjutkan dengan Tausyiah oleh Bapak Salimuddin, S.Ag. Kegiatan berikutnya adalah sepatah dua patah kata perwakilan dari seluruh siswa di disampaikan oleh ananda Tegar, sebagai ketua OSIS periode 2019-2020. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Bapak Kepala Sekolah dan saling berjabat tangan.

Pada hari Selasa 2 hari sebelumnya, juga segenap Bapak Ibu Guru Karyawan SMA N 1 Pleret menghadiri Open House yang diselenggarakan oleh Balai Pendidikan Kabupaten Bantul. Segenap rombongan dari masing –masing sekolah disambut oleh beliau Bapak Kepala Balai Pendidikan Kab. Bantul beserta seluruh  jajaranya di lobi utama Balai Dikmen Bantul. Demikian kegiatan Halal bi Halal yang dilaksanakan secara berurutan oleh seluruh civitas SMA N 1 Pleret pada kesempatan kali ini. @admin_masagung

Baca 1086 kali Terakhir diubah pada Minggu, 16 Jun 2019 13:09