Selasa, 15 November 2022 03:02

Sekolah Penggerak

Ditulis oleh
Selasa, 15 November 2022 02:42

Sekolah Budaya

Ditulis oleh
Senin, 22 Agustus 2022 07:55

Deklarasi Ramah Anak

Ditulis oleh
Senin, 22 Agustus 2022 05:27

Keamanan Pangan di Sekolah

Ditulis oleh
Selasa, 09 Agustus 2022 02:06

MOU UTDI

Ditulis oleh
Senin, 01 Agustus 2022 03:34

INFO SEKOLAH

Ditulis oleh

INFORMASI SEKOLAH TENTANG

PEMBELAJARAN TATAP MUKA 

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan pelaksanaan pembelajaran semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 akan segera dilaksanakan mulai hari Senin, 11 Juli 2022 serta berdasarkan pertimbangan:

  1. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tertanggal 21 Desember 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19);
  2. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga nomor : 421 / 13462 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di SMA, SMK, dan SLB di Daerah Istimewa Yogyakarta;
  3. Capaian vaksinasi dosis 2 bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Pleret lebih dari 80% ( Pendidik dan Tenaga Kependidikan 98% dan siswa 97%)

maka kami beritahukan bahwa pelaksanaan aktivitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Pleret diatur sebagai berikut:

  1. Pembelajaran dilaksanakan setiap hari sesuai kalender pendidikan:
  2. Pembelajaran mulai tanggal 11 Juli 2022 dengan jumlah peserta didik 100% dari kapasitas ruang kelas, pembelajaran diatur sebagai berikut:
  1. Mulai tanggal  11 Juli 2022 jumlah peserta didik 100% dari kapasitas ruang kelas, untuk pengaturan jarak tempat duduk dengan tetap memperhatikan perkembangan penularan COVID-19;
  2. Lama belajar maksimal 10 (sepuluh) jam pelajaran per hari yakni dari pukul 06.50 s.d 15.30 WIB (jadwal terlampir); Unduh disini
  1. Pembelajaran difokuskan untuk pemulihan (recovery) kemampuan peserta didik;
  2. Waktu 5 (lima) menit sebelum pembelajaran berakhir, diselenggarakan gerakan pemaknaan pembelajaran yang dikaitkan dengan filosofi nilai-nilai karakter dan budaya Yogyakarta (Hamemayu Hayuning Bawono, Harmoni, Humanisme, Jalma Kang Utama, Watak SATRIYA);

Untuk mencegah penularan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), maka kami mohon partisipasi Bapak/Ibu Orangtua/Wali siswa dan para siswa :

  1. Sebelum berangkat
    1. Memastikan putra/putri Bapak/Ibu sarapan/ konsumsi gizi seimbang;
    2. Memastikan diri dalam kondisi sehat dan tidak memiliki gejala: suhu >37,5o C atau keluhan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak napas;
    3. Memastikan menggunakan masker dengan benar dan membawa masker cadangan serta membawa pembungkus untuk masker kotor;
    4. Sebaiknya membawa cairan pembersih tangan (hand sanitizer);
    5. Wajib membawa makanan beserta alat makan dan air minum sesuai kebutuhan (kantin belum buka);
    6. Wajib membawa perlengkapan pribadi, meliputi: alat belajar, ibadah, alat olahraga dan alat lain sehingga tidak perlu pinjam-meminjam;
    7. Siswa wajib mengikuti literasi bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Inggris dan kitab sesuai kepercayaan agama masing-masing, sesuai jadwal.
  2. Selama Perjalanan
    1. Menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;
    2. Hindari menyentuh permukaan benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, dan menerapkan etika batuk dan bersin setiap waktu;
    3. Menggunakan kendaraan roda 2 milik pribadi atau keluarga dan berboncengan harus dalam satu
    4. Jika menggunakan kendaraan roda 4, tetap menerapkan prinsip jaga jarak
    5. Membersihkan tangan    sebelum    dan    sesudah    menggunakan transportasi publik/antar
  3. Sebelum Masuk Gerbang
    1. Pengantaran dilakukan di lokasi yang telah ditentukan;
    2. siswa mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi: pengukuran suhu tubuh, gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak nafas;
  4. Setelah pengecekan di gerbang
    1. Siswa kelas X IPS, XI IPS, XII IPS dan XII MIPA yang berkendaraan, kelas XII parkir di sisi barat , sedangkan siswa kelas X dan XI di pakir di sisi timur, kemudian menuju ke kelas masing- masing;
    2. siswa yang diantar masuk melalui hall SMAN 1 Pleret, untuk siswa kelas IPS belok ke kiri ( timur) menuju kelas masing-masing, dan kelas MIPA belok ke kanan (barat) menuju kelas masing-masing

                     Selama dalam perjalanan ke kelas siswa wajib

    1.  Sebelum masuk kelas wajib cuci tangan pakai sabun (CPTS) di wastafel depan kelas masing-masing;
    2.  Ketika masuk ruang kelas, tempat yang belakang diisi terlebih dahulu
  1. Selama kegiatan belajar
    1. Tidak melepas masker dan menerapkan jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;
    2. Menggunakan alat belajar, alat musik, dan alat makan minum pribadi;
    3. Dilarang pinjam-meminjam.
  2. Selesai Kegiatan Belajar Mengajar
    1. Tetap menggunakan masker, usahakan yang keluar terlebih dahulu adalah siswa yang duduk di depan;
    2. Keluar ruangan kelas menuju tempat parkir dengan berbaris sambil menerapkan jaga jarak;
    3. Siswa wajib membersihkan ruangan kelasnya;
    4. Penjemput peserta didik menunggu di lokasi yang sudah disediakan;
  3. Perjalanan Pulang dari Satuan Pendidikan
    1. Menggunakan masker dan tetap jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;
    2. Hindari menyentuh permukaan benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, serta menerapkan etika batuk dan bersin;
    3. Membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan transportasi publik/ antar-jemput.
  4. Setelah Sampai di Rumah
    1. Melepas alas kaki, meletakan barang-barang yang dibawa di luar ruangan dan melakukan disinfeksi terhadap barang-barang tersebut, misalnya sepatu, tas, jaket, dan lainnya;
    2. Membersihkan diri (mandi) dan mengganti pakaian sebelum berinteraksi fisik dengan orang lain di dalam;
    3. Memisahkan pakaian atau mencuci pakaian sekolah.

Demikian  Surat  Pemberitahuan ini kami    sampaikan,    atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Senin, 25 April 2022 01:47

Pengajian Kadang Muslim

Ditulis oleh
Rabu, 09 Februari 2022 01:58

TATA TERTIB SEKOLAH

Ditulis oleh

TATA TERTIB SEKOLAH

  1. Siswa wajib masuk kelas pada pukul 06.50 WIB dan mengikuti kegiatan awal berupa berdoa, membaca/kajian kitab suci/literasi, dan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya;
  2. Pintu gerbang akan ditutup tepat pukul 07.00 WIB dan dibuka kembali setelah selesai lagu Kebangsaan Infonesia Raya;
  3. Siswa yang datang setelah pukul 07.00 WIB dan tercatat terlambat datang ke sekolah;
  4. Siswa wajib menggunakan Helm Standar Nasional Indonesia;
  5. Sepeda motor siswa harus berplat nomor polisi sesuai aturan yang berlaku.

      Alur siswa terlambat 

  1. Siswa mengisi blangko warna biru;
  2. Blangko di tanda tangani guru piket.

      Alur meninggalkan sekolah 

  1. Siswa meminta 2 blangko warna Pink di ruang BK;
  2. Siswa mengisi 2 blangko warna Pink alasan meninggalkan sekolah;
  3. Siswa meminta tanda tangan guru kelas, guru piket, guru BK;
  4. Siswa meninggalkan blangko 1 di ruang kelas;
  5. Siswa membawa blangko 1 sebagai surat ijin resmi meninggalkan sekolah;
  6. Siswa menuntun kendaraannya sampai pintu gerbang sekolah;
  7. Siswa meniggalkan sekolah dengan membawa blangko Pink; 
  8. Siswa wajib mematuti peraturan lalu lintas di jalan raya.
Senin, 31 Januari 2022 00:20

Serah Terima Jabatan Ketua Komite

Ditulis oleh
Halaman 1 dari 4