Selasa, 05 Januari 2021 02:20

Penerimaan SK Tenaga Bantu

Ditulis oleh
Senin, 04 Januari 2021 07:45

SERAH TERIMA JABATAN SMAN 1 PLERET BANTUL

Ditulis oleh

 

SERAH TERIMA JABATAN SMAN 1 PLERET BANTUL

Proses regenerasi dan pergantian dalam menggemban amanah, kiranya sudah menjadi hal yang lumrah, bahkan wajib untuk lingkungan kerja dimanapun. Begitu pula dalam kegiatan ranah pendidikan. Mengawali tahun pelajaran baru di semester 2 ini, Lingkungan Pendidikan Pemuda dan Olah Raga DIY juga melaksanakan kegiatan serupa tersebut. Dalam hal ini SMAN 1 Pleret Bantul, juga mengalamai perubahan pimpinan, sebagai Kepala Sekolah, setelah menjabat 2 periode Kepala Sekolah Drs. Imam Nurrohmat, yang telah mejalankan amanah dan tugas dengan sangat baik, maka pada kesempatan kali ini, bliau berpindah tugas di Instansi lain. Selama kepemimpinan beliau SMAN 1 Pleret mengalami banyak perubahan yang membawa pada kemajuan di 8 Standar Pendidikan yang ada. Berbagai prestasi telah di raih, baik guru tenaga pengajar, karyawan maupun siswa dan instansi secara umum, diantaranya Akreditasi sekolah yang mendapat nilai A, Akreditasi Perpusatakaan dan Adiwiyata Tingkat Provinsi, dll.

Bapak H. Hery Kurniawan Akhmad Ikhsan, S.Pd., M.Pd.B.I, beliau yang menjawab sebagai Kepala Sekolah SMA N 1 Pleret periode mendatang. Beberapa waktu yang lalu, tepatnya Selasa 28 Desember 2020, bertempat di Ruang Pertemuan SMA N 1 Pleret Prosesi Serah Terima Jabatan tersebut dilaksanakan. Dihadiri oleh Kepala Balai Pendidikan Menengah Bapak Surajiyo, S.Pd dan Pejabat lingkungan Pemerintahan Kecamatan Pleret serta Stakeholder dan Kominte sekolah. Dengan didamping segenap keluarga masing-masing dan bapak Ibu Guru Karyawan dari SMA N 1 Pleret, maupun keluarga Besar SMA N 1 Piyungan. Dalam kesempatan ini juga dilaksanakan serah terima buku harian serta Jabatan Ketua Dharma Wanita. Penandatangan Berita Acara serah terima disaksikan oleh para tamu undangan yang hadir pada saat itu, dengan tetap melaksanakan Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19. Prosedur yang harus dilaksanakan baik dari kesiapan tempat acara, peserta dan susunan acara dirancang sedmikian rupa.

Semoga moment tersebut dan di bawah pimpinan, bimbingan Bapak H. Hery Kurniawan Akhmad Ikhsan, S.Pd., M.Pd.B.I. SMAN 1 Pleret akan semakin berkembang, maju serta meraih berbagai prestasi yang di dambakan. Dengan semangat baru serta ghiroh yang luar biasa untuk mengembangkan dan menjalankan amanah, dapat memberikan pelayanan pada Siswa, Orang Tua dan Masyarakat dalam bidang pendidikan semakin baik. Kiranya masih banyak harapan dan angan yang perlu diwujudkan dalam laku lampah setiap pendidik dan karyawan SMAN 1 Pleret di masa mendatang. Jaya Bumi Manggala. Admin:mas@gung>

Selasa, 27 Oktober 2020 04:21

Tari GUMREGAH BANGUN DESA

Ditulis oleh

Tari GUMREGAH BANGUN DESA

Salah satu bentuk dukungan Adiwiyata dalam Bidang Seni Budaya

        Dalam setiap konteks kehidupan manusia, segala aktivitas dapat dijadikan sebagai inspirasi dalam menciptakan sebuah inovasi. Dalam kaitannya Program Adiwiyata SMaN 1 Pleret, kegiatan INOVASi bukan hanya seputar menggolah dan memanfaatkan limbah atau materi yang lain. Akan tetapi kiprah Budaya dan Seni juga dapat terlahir dengan paduan nuansa tradisi yang adiluhung. Seni Tari yang terinspirasi dari kebiasaan hidup bersih, mencoba diangkat dalam paduan gerakan dan musik yang selaras. Gerakan yang diciptakan merupakan gerakan keseharian manusia dalam melakukan aktivitas berbudaya sehat. Melalui perenungan dan pemikiran yang mendalam, maka terlahirlah Tarian Gumbregah Bangun Deso. Tarian ini merupakan penggambaran remaja yang sedang giat - giatnya membangun desa agar bersih, sehat dan nyaman. Dengan semangat makarya mbangun desa mengharap agar masyarakat tergugah untuk selalu giat untuk hidup bersiih.

      Diperagakan oleh Ananda KIRANI SABRINA P kelas XII IPA 1 dan  RAVELITA ARAYANI PUTRI  kelas XII IPS 2, di bawah bimbingan Ibu Novita, yang mempunyai bakat luar biasa dan telah menorehkan banyak prestasi. Maka dalam jangka waktu yang sangat sempit terciptalah tarian ini. Tarian tersebut dipersembahkan untuk para tamu undangan dan Tim Verifikasi Adiwiyata Provinsi SMA N 1 PLeret beberapa waktu yang lalu. Admin : mas@gung>

Senin, 26 Oktober 2020 14:44

VERIFIKASI ADIWIYATA PROVINSI SMAN 1 PLERET 2020

Ditulis oleh

SELAMAT DATANG

TIM VERIFIKASI ADIWIYATA PROVINSI SMAN 1 PLERET

  

Persiapan yang begitu panjang, melalui beberapa tahapan dan koordinasi yang berulang, akhirnya terbayar sudah dengan terselanggaranya Kegiatan Verifikasi Lapangan Tim Adiwiyata Provinsi di SMAN 1 Pleret, Selasa 13 Oktober 2020.

Tekad bulat untuk menuju tahapan tersebut merupakan rangkaian pada tahapan sebelumnya. Dimana SMAN 1 Pleret maju dalam Penilaian Adiwiyata Tingkat Provinsi. Berbagai persiapan dan pembenahan, baik secara fisik maupun yang lebih utama adalah, pembiasaan untuk hidup sehat dengan cara melestarikan alam serta menjaga kebersihan dan kesehatan sekitar. Secara fisik, menjadi tuntutan dan kebutuhan untuk pembenahan seluruh fasilitas pembelajaran, tidak mungkin tidak untuk tidak meningkatkan dalam komteks ini. Lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman, harus di dukung dengan sarana yang memadai dan terstandar. Gerakan Peduli dan Berbudaya Lingkungan Hidup di Sekolah (GPBLHS), harus ditanamkan pada semua warga sekolah dan masyrakat sekitar.

Secara geografis lingkungan SMAN 1 Pleret, terletak dipusat Kecamatan dekat dengan pusat pasar tradisional., kecamatan pleret juga merupakan pusat Industri rumah tangga “Krecek”, terlebih SMAN 1 Pleret tercakup luas 9873 m2 yang ditumbuhi berbagai macam pohon serta tanaman, hal tersebut beberapa potensi yang cukup baik. Tentunya membutuhkan perhatian dan perencanaan yang baik, untuk mengembangkan potensi tersebut, belum potensi-potensi lain yang ada. Berbagai inovasi telah diupayakan oleh siswa siswi SMAN 1 Pleret yang luar biasa di bawah bimbingan Bapak Ibu Guru, Sabun Jelantah, Lilin Jelantah, Briket arang klatak melinjo, Kompos, Pupuk Cair dan berbagai inovasi yang lain.

Undangan di hadiri oleh pejabat pemerintahan setempat dan tokoh-tokoh masyarakat serta Tim Verifikasi Provinsi dari DLH Provinsi berjumlah 5 personil serta Bapak Ibu Pengawas dari Bantul. Verifikasi meliputi administrasi dan fisik, dan diikuti oleh Bapak Ibu Karyawan serta perwakilan dari Tim Adiwiyata. Tim Verifikasi di sambut dengan alunan gending-gending jawa yang telah disiapkan dan acara protokoler dilaksanakan di Perpus 2 dengan tetap mengikuti aturan protokol kesehatan Pencegahan Codvid-19. Beberapa masukan, yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas perangkat administrasi dan rancangan program adiwiyata tercetus pada saat itu.

Kiranya masih diperlukan usaha dan kerja keras, serta istiqomah untuk melanjutkan program adiwiyata tersebut. Proses kedepan masih banyak, dan yang utama dari kesemuanya tersebut. Merupakan upaya untukmenciptakan lingkungan yang bersih, sehat dan nyaman dalam rangka meningkatkan layanan dan pembelajaran serta pendidikan kepada peserta didik, orang tua dan masyarakat. Besar harapan, bahwa SMAN 1 Pleret menjadi salah satu sekolah yang unggul dan dapat bermanfaat, memberikan kegunaan dan prestasi yang dapat dibanggakan untuk lingkungan sekitar. Salam Adiwiyata Buma. Admin: mas@gung>

Selasa, 20 Oktober 2020 15:48

PENANGANAN LIMBAH MINYAK GORENG

Ditulis oleh
Minggu, 18 Oktober 2020 12:31

SABUN MIJEL

Minggu, 18 Oktober 2020 12:20

LIMBAH MINYAK GORENG

Minggu, 18 Oktober 2020 11:27

LEAFLET ADIWIYATA 2020

Minggu, 18 Oktober 2020 11:14

INOVASI ADIWIYATA

Sabtu, 17 Oktober 2020 12:38

VIDEO ADIWIYATA

Halaman 1 dari 3