Info Sekolah

Info Sekolah (5)

Senin, 06 November 2023 11:24

Dewan Tonti

Ditulis oleh

DEWAN TONTI SATTYA MANGGALA SMAN 1 PLERET

NO

SEKSI BIDANG DAN RINCIAN TUGASNYA

1.

Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa :

a

Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing;

b

Memperingati hari-hari besar keagamaan;

c

Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;

d

Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;

e

Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;

f

Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.

2.

Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia :

a

Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;

b

Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);

c

Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan;

d

Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama;

e

Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah;

f

Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).

3.

 Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara :

a

Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta hari-hari besar nasional;

b

Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne);

c

Melaksanakan kegiatan kepramukaan;

d

Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah;

e

Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan;

f

Melaksanakan kegiatan bela negara;

g

Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara;

h

Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.

4.

 Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat :

 

a

Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian;

 

b

Menyelenggarakan kegiatan ilmiah;

 

c

Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek);

 

d

Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar;

 

e

Mendesain dan memproduksi media pembelajaran;

 

f

 Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian;

 

g

 Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah;

 

h

 Membentuk klub sains, seni dan olahraga;

 

i

 Menyelenggarakan festival dan lomba seni;

 

j

 Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.

 5.

Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural :

 

a

Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;

 

b

Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;

 

c

Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;

 

d

Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;

 

e

Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;

 

f

Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;

 

g

 Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.

6.

Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan :

a

Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;

b

Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;

c

Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produkdsi;

d

Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerim);

e

Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus;

7.

Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi  :

a

Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;

b

Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);

c

Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS;

d

Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;

e

Melaksanakan hidup aktif;

f

Melakukan diversifikasi pangan;

g

Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.

8.

Pembinaan sastra dan budaya :

a

Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;

b

Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;

c

Meningkatkan daya cipta sastra;

d

 Meningkatkan apresiasi budaya.

9.

Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) :

a

Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pem-belajaran;

b

Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;

c

Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.

10.

Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris :

a

Melaksanakan lomba debat dan pidato;

b

Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi;

c

Melaksanakan kegiatan English Day;

d

Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling);

Senin, 06 November 2023 11:15

Palang Merah Remaja (PMR)

Ditulis oleh

PALANG MERAH REMAJA  SMAN 1 PLERET

NO

Jabatan

Tugas

1.

Seksi Bidang Humas

1.      Memberikan informasi tentang perkembangan organisasi yang cukup terhadap semua perangkat organisasi PMR;

2.      Memberikan informasi kebijakan organisasi, kegiatan maupun kerjasama organisasi dengan pihak lain;

3.      Menjalain hubungan kerja sama dengan pihak lain;

4.      Mengembangkan media sarana pelayanan informasi interaktif;

5.      Mencatat atau mendokumentasikan semua kegiatan.

7

Seksi Bidang Sumber Daya Manusia

1.      Memberikan pelatihan kepemimpinan kepada setiap anggota

2.      Pembinaan dan pengembangan bakat untuk meningkatkan keterampilan serta wawasan anggota

3.      Memberikan materi dan praktik pertolongan pertama

4.      Mengukuhkan calon anggota

5.      Pelantikan Wira I dan II

6.      Mengadakan tes tentang materi kepalangmerahan

8

Siksi Bidang Materi

1.      Mengisi dan menyediakan obat-obatan

2.      Melakukan pengecekan obat dan peralatan P3K

3.      Mengadakan piket bagi petugas P3K pada kegiatan upacara

4.      Pembenahan inventaris

5.      Mengadakan latihan gabungan dengan sekolah lain

6.      Memberikan materi permainan/ simulasi pada keterampilan anggota

7.      Mengadakan lomba-lomba tentang kePalangmerahan

8.      Membuat mading kesehatan

9.      Melaksanakan dan membuat pembagian piket UKS

10.  Mengadakanbakti sosial

Rabu, 27 September 2023 06:41

Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS)

Ditulis oleh

JENIS SEKSI BIDANG OSIS DAN RINCIAN KEGIATANNYA

SESUAI PERMEN MENDIKNAS NO. 39 TAHUN 2008 TENTANG PEMBINAAN KESISWAAN

NO

SEKSI BIDANG DAN RINCIAN TUGASNYA

1.

Pembinaan keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa :

a

Melaksanakan peribadatan sesuai dengan ketentuan agama masing-masing;

b

Memperingati hari-hari besar keagamaan;

c

Melaksanakan perbuatan amaliah sesuai dengan norma agama;

d

Membina toleransi kehidupan antar umat beragama;

e

Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan;

f

Mengembangkan dan memberdayakan kegiatan keagamaan di sekolah.

2.

Pembinaan budi pekerti luhur atau akhlak mulia :

a

Melaksanakan tata tertib dan kultur sekolah;

b

Melaksanakan gotong royong dan kerja bakti (bakti sosial);

c

Melaksanakan norma-norma yang berlaku dan tatakrama pergaulan;

d

Menumbuhkembangkan kesadaran untuk rela berkorban terhadap sesama;

e

Menumbuhkembangkan sikap hormat dan menghargai warga sekolah;

f

Melaksanakan kegiatan 7K (Keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kedamaian dan kerindangan).

3.

 Pembinaan kepribadian unggul, wawasan kebangsaan, dan bela negara :

a

Melaksanakan upacara bendera pada hari senin dan /atau hari sabtu, serta hari-hari besar nasional;

b

Menyanyikan lagu-lagu nasional (Mars dan Hymne);

c

Melaksanakan kegiatan kepramukaan;

d

Mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah;

e

Mempelajari dan meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan, dan semangat perjuangan para pahlawan;

f

Melaksanakan kegiatan bela negara;

g

Menjaga dan menghormati simbol-simbol dan lambang-lambang negara;

h

Melakukan pertukaran siswa antar daerah dan antar negara.

4.

 Pembinaan prestasi akademik, seni, dan/atau olahraga sesuai bakat dan minat :

 

a

Mengadakan lomba mata pelajaran/program keahlian;

 

b

Menyelenggarakan kegiatan ilmiah;

 

c

Mengikuti kegiatan workshop, seminar, diskusi panel yang bernuansa ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek);

 

d

Mengadakan studi banding dan kunjungan (studi wisata) ke tempat-tempat sumber belajar;

 

e

Mendesain dan memproduksi media pembelajaran;

 

f

 Mengadakan pameran karya inovatif dan hasil penelitian;

 

g

 Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah;

 

h

 Membentuk klub sains, seni dan olahraga;

 

i

 Menyelenggarakan festival dan lomba seni;

 

j

 Menyelenggarakan lomba dan pertandingan olahraga.

 5.

Pembinaan demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup, kepekaan dan toleransi sosial dalam konteks masyarakat plural :

 

a

Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS sesuai dengan tugasnya masing-masing;

 

b

Melaksanakan latihan kepemimpinan siswa;

 

c

Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan, dan profesional;

 

d

Melaksanakan kewajiban dan hak diri dan orang lain dalam pergaulan masyarakat;

 

e

Melaksanakan kegiatan kelompok belajar, diskusi, debat dan pidato;

 

f

Melaksanakan kegiatan orientasi siswa baru yang bersifat akademik dan pengenalan lingkungan tanpa kekerasan;

 

g

 Melaksanakan penghijauan dan perindangan lingkungan sekolah.

6.

Pembinaan kreativitas, keterampilan dan kewirausahaan :

a

Meningkatkan kreativitas dan keterampilan dalam menciptakan suatu barang menjadi lebih berguna;

b

Meningkatkan kreativitas dan keterampilan di bidang barang dan jasa;

c

Meningkatkan usaha koperasi siswa dan unit produkdsi;

d

Melaksanakan praktek kerja nyata (PKN)/pengalaman kerja lapangan (PKL)/praktek kerja industri (Prakerim);

e

Meningkatkan kemampuan keterampilan siswa melalui sertifikasi kompetensi siswa berkebutuhan khusus;

7.

Pembinaan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi berbasis sumber gizi yang terdiversifikasi  :

a

Melaksanakan perilaku hidup bersih dan sehat;

b

Melaksanakan usaha kesehatan sekolah (UKS);

c

Melaksanakan pencegahan penyalahgunaan narkotika, psikotropika, dan zat adiktif (narkoba), minuman keras, merokok, dan HIV AIDS;

d

Meningkatkan kesehatan reproduksi remaja;

e

Melaksanakan hidup aktif;

f

Melakukan diversifikasi pangan;

g

Melaksanakan pengamanan jajan anak sekolah.

8.

Pembinaan sastra dan budaya :

a

Mengembangkan wawasan dan keterampilan siswa di bidang sastra;

b

Menyelenggarakan festival/lomba, sastra dan budaya;

c

Meningkatkan daya cipta sastra;

d

 Meningkatkan apresiasi budaya.

9.

Pembinaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) :

a

Memanfaatkan TIK untuk memfasilitasi kegiatan pem-belajaran;

b

Menjadikan TIK sebagai wahana kreativitas dan inovasi;

c

Memanfaatkan TIK untuk meningkatkan integritas kebangsaan.

10.

Pembinaan komunikasi dalam bahasa Inggris :

a

Melaksanakan lomba debat dan pidato;

b

Melaksanakan lomba menulis dan korespodensi;

c

Melaksanakan kegiatan English Day;

d

Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (Story Telling);

 

Senin, 01 Agustus 2022 10:34

TATAP MUKA 2022-2023

Ditulis oleh

INFORMASI SEKOLAH TENTANG

PEMBELAJARAN TATAP MUKA 

TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Assalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Sehubungan dengan pelaksanaan pembelajaran semester 1 tahun pelajaran 2022/2023 akan segera dilaksanakan mulai hari Senin, 11 Juli 2022 serta berdasarkan pertimbangan:

  1. Keputusan Bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri tertanggal 21 Desember 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19);
  2. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga nomor : 421 / 13462 tentang Penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Semester II Tahun Pelajaran 2021/2022 di Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) di SMA, SMK, dan SLB di Daerah Istimewa Yogyakarta;
  3. Capaian vaksinasi dosis 2 bagi pendidik dan tenaga kependidikan SMA Negeri 1 Pleret lebih dari 80% ( Pendidik dan Tenaga Kependidikan 98% dan siswa 97%)

maka kami beritahukan bahwa pelaksanaan aktivitas pembelajaran di SMA Negeri 1 Pleret diatur sebagai berikut:

  1. Pembelajaran dilaksanakan setiap hari sesuai kalender pendidikan:
  2. Pembelajaran mulai tanggal 11 Juli 2022 dengan jumlah peserta didik 100% dari kapasitas ruang kelas, pembelajaran diatur sebagai berikut:
  1. Mulai tanggal  11 Juli 2022 jumlah peserta didik 100% dari kapasitas ruang kelas, untuk pengaturan jarak tempat duduk dengan tetap memperhatikan perkembangan penularan COVID-19;
  2. Lama belajar maksimal 10 (sepuluh) jam pelajaran per hari yakni dari pukul 06.50 s.d 15.30 WIB (jadwal terlampir); Unduh disini
  1. Pembelajaran difokuskan untuk pemulihan (recovery) kemampuan peserta didik;
  2. Waktu 5 (lima) menit sebelum pembelajaran berakhir, diselenggarakan gerakan pemaknaan pembelajaran yang dikaitkan dengan filosofi nilai-nilai karakter dan budaya Yogyakarta (Hamemayu Hayuning Bawono, Harmoni, Humanisme, Jalma Kang Utama, Watak SATRIYA);

Untuk mencegah penularan dan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), maka kami mohon partisipasi Bapak/Ibu Orangtua/Wali siswa dan para siswa :

  1. Sebelum berangkat
    1. Memastikan putra/putri Bapak/Ibu sarapan/ konsumsi gizi seimbang;
    2. Memastikan diri dalam kondisi sehat dan tidak memiliki gejala: suhu >37,5o C atau keluhan batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak napas;
    3. Memastikan menggunakan masker dengan benar dan membawa masker cadangan serta membawa pembungkus untuk masker kotor;
    4. Sebaiknya membawa cairan pembersih tangan (hand sanitizer);
    5. Wajib membawa makanan beserta alat makan dan air minum sesuai kebutuhan (kantin belum buka);
    6. Wajib membawa perlengkapan pribadi, meliputi: alat belajar, ibadah, alat olahraga dan alat lain sehingga tidak perlu pinjam-meminjam;
    7. Siswa wajib mengikuti literasi bahasa Indonesia, bahasa Jawa, bahasa Inggris dan kitab sesuai kepercayaan agama masing-masing, sesuai jadwal.
  2. Selama Perjalanan
    1. Menggunakan masker dan tetap menjaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;
    2. Hindari menyentuh permukaan benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, dan menerapkan etika batuk dan bersin setiap waktu;
    3. Menggunakan kendaraan roda 2 milik pribadi atau keluarga dan berboncengan harus dalam satu
    4. Jika menggunakan kendaraan roda 4, tetap menerapkan prinsip jaga jarak
    5. Membersihkan tangan    sebelum    dan    sesudah    menggunakan transportasi publik/antar
  3. Sebelum Masuk Gerbang
    1. Pengantaran dilakukan di lokasi yang telah ditentukan;
    2. siswa mengikuti pemeriksaan kesehatan meliputi: pengukuran suhu tubuh, gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, dan/atau sesak nafas;
  4. Setelah pengecekan di gerbang
    1. Siswa kelas X IPS, XI IPS, XII IPS dan XII MIPA yang berkendaraan, kelas XII parkir di sisi barat , sedangkan siswa kelas X dan XI di pakir di sisi timur, kemudian menuju ke kelas masing- masing;
    2. siswa yang diantar masuk melalui hall SMAN 1 Pleret, untuk siswa kelas IPS belok ke kiri ( timur) menuju kelas masing-masing, dan kelas MIPA belok ke kanan (barat) menuju kelas masing-masing

                     Selama dalam perjalanan ke kelas siswa wajib

    1.  Sebelum masuk kelas wajib cuci tangan pakai sabun (CPTS) di wastafel depan kelas masing-masing;
    2.  Ketika masuk ruang kelas, tempat yang belakang diisi terlebih dahulu
  1. Selama kegiatan belajar
    1. Tidak melepas masker dan menerapkan jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;
    2. Menggunakan alat belajar, alat musik, dan alat makan minum pribadi;
    3. Dilarang pinjam-meminjam.
  2. Selesai Kegiatan Belajar Mengajar
    1. Tetap menggunakan masker, usahakan yang keluar terlebih dahulu adalah siswa yang duduk di depan;
    2. Keluar ruangan kelas menuju tempat parkir dengan berbaris sambil menerapkan jaga jarak;
    3. Siswa wajib membersihkan ruangan kelasnya;
    4. Penjemput peserta didik menunggu di lokasi yang sudah disediakan;
  3. Perjalanan Pulang dari Satuan Pendidikan
    1. Menggunakan masker dan tetap jaga jarak minimal 1,5 (satu koma lima) meter;
    2. Hindari menyentuh permukaan benda-benda, tidak menyentuh hidung, mata, dan mulut, serta menerapkan etika batuk dan bersin;
    3. Membersihkan tangan sebelum dan sesudah menggunakan transportasi publik/ antar-jemput.
  4. Setelah Sampai di Rumah
    1. Melepas alas kaki, meletakan barang-barang yang dibawa di luar ruangan dan melakukan disinfeksi terhadap barang-barang tersebut, misalnya sepatu, tas, jaket, dan lainnya;
    2. Membersihkan diri (mandi) dan mengganti pakaian sebelum berinteraksi fisik dengan orang lain di dalam;
    3. Memisahkan pakaian atau mencuci pakaian sekolah.

Demikian  Surat  Pemberitahuan ini kami    sampaikan,    atas perhatian dan kerja sama Bapak/Ibu, kami mengucapkan terima kasih.

Wassalamu ‘alaikum Wr. Wb.

Senin, 25 April 2022 09:53

Pengumuman Kelulusan Tahun Pelajaran 2022-2023

Ditulis oleh

 

kop_sekolah_2022.JPG

Bantul, 5 Mei 2023

Nomor : 421/ 220.a

Sifat    : Amat Penting

Hal     : Pemberitahuan Kelulusan

 

Yth.

  1. Bapak/Ibu Orang tua/Wali Murid Kelas XII SMAN 1 Pleret
  2. Siswa/siswi Kelas XII SMAN 1 Pleret

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Memperhatikan :

  1. Surat Keputusan Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Pleret Nomor 422/69.1 tentang Prosedur Operasional Standar (POS) Penyelenggara Penilaian Sumatif Akhir SMA (PSAS) tahun pelajaran 2022/2023;
  1. Surat Undangan dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga nomor 878/04013 tanggal 18 April 2023 tentang Sosialisasi Penulisan Ijazah Tahun 2023;
  2. Surat Distribusi dari Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga nomor 422/04482 tanggal 4 Mei 2023 tentang Pengambilan Blanko Ijazah SMA;

Sehubungan hal tersebut maka telah dilakasanakan rapat pleno guru dan karyawan yang diadakan pada tanggal  3 Mei 2023, maka memutuskan untuk kelulusan pada Tahun Pelajaran 2022/2023 di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pleret dinyatakan LULUS 100%, dan sebagai ungkapan raya syukur SMA Negeri 1 Pleret bersama Komite Sekolah melalui (Wakil Orang Tua Kelas) WOTK akan menyelenggarakan acara Wisuda Purna Siswa Kelas XII di halaman SMA Negeri 1 Pleret pada Sabtu, 6 Mei 2023 pukul 07.00 WIB.

Diinformasikan kepada Orang Tua/Wali Murid dan Siswa/siswi kelas XII SMAN 1 Pleret untuk  menyaksikan sambutan dari Bapak Kepala Sekolah melalui tautan https://youtu.be/VKsws67G4Sw

Atas perhatian dan kerja sama yang baik kami ucapkan terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

 

Kepala Sekolah

H. Hery Kurniawan Akhmad Ikhsan, S.Pd., M.Pd., B.I.

NIP. 19740404 199403 1 004