Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Uji Publik Kurikulum SMA N 1 Pleret Pilihan

Uji Publik Kurikulum SMA N 1 Pleret

Pendidikan Nasional yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk mengemban fungsi tersebut pemerintah menyelenggarakan suatu sistem pendidikan nasional sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

                  Sejalan dengan hal tersebut, peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah rasa, dan olah raga agar memiliki daya saing dalam menghadapi tantangan global. Peningkatan relevansi pendidikan dimaksudkan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan tuntutan kebutuhan berbasis potensi sumber daya alam Indonesia. Peningkatan efisiensi manajemen pendidikan dilakukan melalui penerapan manajemen berbasis sekolah dan pembaharuan pengelolaan pendidikan secara terencana, terarah, dan berkesinambungan.

                  SMA Negeri 1 Pleret sebagai Sekolah Pelaksana Kurikulum 2013 tahun pelajaran 2020/2021 ini membuka peluang dan tantangan sesuai dengan kondisi riil sekolah. SMA Negeri 1 Pleret tengah menata diri menjadi Sekolah Berbudaya dan Sekolah Adiwiyata, maka SMA Negeri 1 Pleret perlu melakukan revisi dokumen kurikulum, begitu juga dalam implementasinya.

Untuk itu, diperlukan perubahan mind set warga sekolah, baik pendidik, peserta didik, maupun tenaga kependidikan untuk menjamin terwujudnya pengembangan pola pikir warga sekolah menjadi kreatif, inovatif dan produktif dengan sentuhan seni dan kekuatan moralitas sebagai bangsa yang berkepribadian luhur, sehingga diharapkan akan tercipta generasi emas bangsa Indonesia yang mampu membawa ke arah kejayaan.

Dalam penyusunan KTSP, SMA Negeri 1 Pleret telah mempertimbangkan hasil analisis konteks. Hal inilah yang mendasari pengembangan kurikulum SMA Negeri  1 Pleret. Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu. Muatan Adiwiyata, karakter budaya bangsa dan pendekatan saintifik sebagaimana dirumuskan dalam kurikulum 2013, menjadi landasan utama pengembangan kurikulum SMA Negeri 1 Pleret.

  • Pendekatan saintifik dilakukan dalam kegiatan pembelajaran untuk menumbuhkan sikap mandiri dan kreatif inovatif, sehingga mampu membekali peserta didik untuk bersaing di tingkat nasional maupun internasional.
  • Program Adiwiyata mengedepankan pendidikan karakter melalui pembelajaran lingkungan hidup yang terintegrasi pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler dalam rangka mengembangkan kepedulian dan tanggung jawab peserta didik terhadap lingkungan.

Kegiatan tersebut diwujudkan dalam rangkaian Uji Publik Kurikulum, Senin, 20 juli 2020, sejalan dengan perkembangan saat ini menuju New Normal, yang dihadiri oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul serta Pengawas dan Jajaran Komite Sekolah dengan tetap menerapkan aturan Protokol Kesehatan Covid-19 yang ketat.Admin:m@sAgung

Baca 44 kali Terakhir diubah pada Kamis, 23 Juli 2020 00:56

Cari

Pengunjung

187427
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
282
182071
13240
187427

Your IP: 75.101.173.236
2020-08-07 09:06