Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Kunjungan SMAN 1 Pleret Ke Perpusatakaan Prama Widya Pustaka Pilihan

Kunjungan SMAN 1 Pleret Ke Perpusatakaan Prama Widya Pustaka

Perpustakaan merupakan salah satu sumber belajar penting dalam proses pembelajaran. Menurut UU Perpustakaan No.43 2007  “Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak, dan/atau karya rekam secara profesional dengan sistem yang baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi, dan rekreasi para siswa sebagai penggunaan perpustakaan.” 

SMA N 1 Pleret sebagai salah satu sekolah yang mengusung Literasi sebagai program yang harus ada dan menjadi budaya seluruh warga sekolah. Gerakan Literasi Sekolah adalah sebuah gerakan dalam upaya menumbuhkan budi pekerti siswa yang bertujuan agar siswa memiliki budaya membaca dan menulis sehingga tercipta pembelajaran sepanjang hayat.

Kegiatan rutin ini dilaksanakan untuk menumbuhkan minat baca peserta didik serta meningkatkan keterampilan membaca. Materi baca berisi nilai-nilai budi pekerti, berupa kearifan lokal, nasional, dan global yang disampaikan sesuai tahap perkembangan peserta didik.

Gerakan Literasi Sekolah ini merupakan upaya menyeluruh yang melibatkan semua warga sekolah baik guru, peserta didik, orang tua/wali murid, dan masyarakat, sebagai bagian dari ekosistem pendidikan sehingga membutuhkan dukungan kolaboratif  berbagai elemen. Upaya yang ditempuh untuk mewujudkannya berupa pembiasaan membaca yang dilakukan dengan kegiatan 10 menit membaca.Kegiatan tersebut dijadwalkan setiap hari bergantin dengan kegiatan baca Al Qur’an yang menjadi ciri sekolah kami SMA Negeri 1  Pleret  sebagai sekolah yang berawasan Imtaq.

Literasi lebih dari sekadar membaca dan menulis, namun mencakup keterampilan berpikir menggunakan sumber-sumber pengetahuan dalam bentuk cetak, visual, dan auditori. Di abad 21 ini , kemampuan ini disebut sebagai literasi informasi. Ditunjang dengan fasilitas WI-FI sekolah yang terdapat di masing-masing ruang.

Kegiatan tersebut sekaligus untuk mempersiapkan Akreditasi Perpusatakaan Sultan Agung SMA Negeri 1  Pleret pada beberapa waktu ke depan. Berbagai upaya telah dilaksanakan oleh seluruh warga sekolah. Mulai dari berbenah secara fisik maupun administrasi kepustakaan. Kegiatan studi banding yang belum lama dilakukan adalah kunjungan Tim Perpustakaan Sultan Agung ke salah satu sekolah, yaitu SMA N 1 Wonosari. Tim Perpustakaan yang pada saat itu langsung dipimpin oleh bliau, Bapak Kepala Sekolah Drs. Imam Nurrohmat berkunjung ke Perpustakaan Prama Widya Pustaka, perpustakaan yang telah menoreh prestasi yang luar biasa. Diterima oleh bliau Kepala Perpustakaan dan Wakil  Kepala sekolah Sarana dan prasarana.

Tim Perpustakaan SMA Negeri 1  Pleret belajar banyak hal sekaligus sharing mengenai penggelolaan dan manajemen perpustakaan. Banyak hal yang didapat dari hasil kunjungan tersebut. Semoga segala upaya yang telah dilakukan Tim Perpustakaan Sultan Agung, dapat membuahkan hasil yang maksimal, untuk kepentingan pelayanan dan fungsi dari perpustakaan SMA Negeri 1  Pleret. Admin:mas@gung>

Baca 218 kali Terakhir diubah pada Selasa, 03 September 2019 08:43

Cari

Pengunjung

059501
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
2238
48927
9841
59501

Your IP: 34.226.244.70
2020-02-26 20:20