Berita

Berita Pendidikan Nasional

(0 pemilihan)

Bakti Sosial Siswa SMA Negeri 1 Pleret Pilihan

Bakti Sosial Siswa SMA Negeri 1 Pleret

#rangkaian kegiatan Ramadhan 2019

Beberapa paket telah siap dinaikan dalam kendaraan yang akan mengantarkan rombongan berkegiatan di Dusun Wonolelo Kelurahan Pleret Kecamatan Pleret. Pagi itu sekitar pukul 07. 30 WIB beberapa siswa dan Bapak Ibu Guru yang akan menadampingi Bapak Kepala Sekolah untuk kegiatan bakti sosial yang merupakan agenda tahunan pada setiap bulan Suci Ramadhan tiba. Dimana pada beberapa hari sebelumnya seluruh siswa siswi SMA Negeri 1 Pleret dianjurkan untuk mengumpulkan sembako atau zakat fitrah.

Seperti  firman Allah dalam Al Qur”an, ““Dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah bersama dengan orang-orang yang ruku’.” (QS. Al-Baqarah: 43). Selain itu “Rasulullah Sallalahu ‘Alaihi Wasallam telah mewajibkan zakat fitrah dari bulan Ramadhan sebanyak satu sha’ kurma atau satu sha’ gandum atas hamba merdeka laki-laki, perempuan, kecil maupun dewasa dari orang Islam” (HR. Al Bukhari dan Muslim) Hal tersebut menjadi salah satu dasar dalam melaksanakan perintah-perintah Allah. Diwajibkan bagi semua golongan yang disebut dalam hadits diatas untuk membayar zakat fitrah  (anak-anak, orang dewasa, laki-laki, perempuan, orang merdeka maupun budak). Yaitu semua orang Islam yang mampu untuk membayar.

Dalam kesempatan ini, rombongan siswa siswi SMA Negeri 1 Pleret beserta Bapak Ibu Guru pemdaping dan Bapak Kepala Sekolah Drs. Imam Nurrohmat, diterima langsung oleh bliau, Bapak Lurah Wonolelo H.M. Furqon, A.Md di ruang kerjanya.  Beberapa paket Sembako dan Zakat Fitrah disampaikan ke warga yang hadir pada saat itu di aula kelurahan. Tidak ketinggalan santunan bagi anak Yatim juga diberikan, melalui dana yang dikumpulkan siswa siswi  SMA Negeri 1 Pleret pada setiap hari Jumat. Di sekolah kami utamanya bagi pembiasaan karakter kepedulian dan beramal serta berbagai pada sesama selalu ditanamkan. Setiap hari Jumat yang diawali dengan Tadarus Al Qur”an juga ada petugas yang akan mengumpulkan infaq dari setiap siswa. Hal ini sejalan dengan yang disampaikan beliau Bapak Edy Purwanta, S.Pd selaku Wakil Kepala Sekolah Urs. Kesiswaan dalam kesempatan kali ini, “kegiatan ini merupakan iplementasi dari karakter karakter mengenai rasa berbagi, peduli terhadap lingkungan bagi siswa siswi SMA Negeri 1 Pleret.” Harapanya hal tersebut menjadi kebiasaan dan perilaku positif dan dapat meringankan beban bagi sesama. Sejalan dengan kegiatan di Kelurahan Wononelo pada waktu yang bersamaan, di SMA Negeri 1 Pleret juga sebagian siswa siswi membagikan kepada masyakarat sekitar yang mendapatkan kupon untuk menerima zakat fitrah. Demikian kegiatan Bakti Sosial dan Zakat Fitrah siswa siswi SMA Negeri 1 Pleret pada kesempatan Ramadhan tahun ini, semoga bermanfaat bagi kita semua. amin @admin_masagung

Baca 398 kali Terakhir diubah pada Sabtu, 01 Jun 2019 05:56

Cari

Pengunjung

083234
Hari ini
Minggu Lalu
Bulan lalu
Semua
109
76725
17316
83234

Your IP: 18.232.51.69
2020-04-08 12:03